5 Tempat Kuliner di Batu yang Mantap dan Legendaris

  • Jul 13, 2024
  • kuliner zona

Berburu kuliner di Batu  yuk Kulzoner!

Kota  Batu bukan cuma terkenal dengan udaranya yang sejuk nih, tapi banyak juga pilihan kuliner enak dan legendarisnya. Sambil menikmati dinginnya udara serta keindahan alam pegunungannya, kulineran pun tentunya bakalan makin asyik. Bahkan banyak di antaranya merupakan Kuliner malam, ang siap menghangatkan tubuh yang diterpa udara dingin. Tapi sebelum hunting kuliner, simak dulu rekomendasi kuliner di Batu yang mantap & legendaris!

gazz...

 

1. Rumah Makan Mesir

Mau coba kuliner Mesir dan Timur Tengah di Batu Malang? Kunjungi saja Rumah Makan Mesir yang lokasinya ada di Jalan Diponegoro Kota Batu. Tempatnya juga cukup lega dan bersih sehingga jadi buruan banyak orang untuk merasakan nikmat berempahnya kuliner Arab.

Mereka menyajikan aneka menu masakan Timur Tengah dengan pilihan makanan seperti aneka masakan kambing, sapi, ayam dan juga menu campuran. Menu terbaik yang disajikan ada kambing oven, sate daging, sate kambing, gule, semur kambing, krengsengan, dan nasi kabsah spesial.

2. Warung Sate Hotplet Batu

Selanjutnya ada Warung Sate Hotplet yang jadi pilihan kuliner keluarga favorit yang ada di Batu Malang. Apalagi restorannya punya tempat parkir yang lega dengan bagian dalam yang super nyaman untuk acara makan-makan. Lokasinya pun juga di pinggir jalan besar sehingga memudahkan untuk dicapai tanpa harus bingung menemukannya.

Seperti namanya, menu utamanya tentu saja aneka sate-satean yang disajikan di atas hotplate sehingga tetap panas. Pilihan menunya seperti sate ayam, sate kambing, sirloin steak,chicken steak, sop kikil kambing, sop buntut dan sop iga sapi. Ada juga makanan lain seperti rawon, gule, tongseng, tengkleng, krengsengan, sayur asem, cah kangkung, nasi goreng dan mie goreng.

 

3. Warung Sate Kelinci Songgoriti

Udara sejuk pegunungan seperti Batu, memang tempat yang pas untuk membuka peternakan kelinci, termasuk kelinci pedaging. Oleh karena itu, berkunjung ke Batu Malang gak lengkap tanpa mencicipi sate kelincinya yang unik. Salah satu tempat makan sate kelinci yang favorit untuk dicicipi di Batu adalah Warung Sate Kelinci di kawasan Jalan Pattimura.

Sate kelinci di sini punya tekstur yang lembut seperti daging ayam, namun terkenal dengan kandungan lemaknya yang sedikit. Selain itu ada juga menu lainnya seperti menu sate kalkun, sapi, masakan ayam, aneka sop, aneka bakso, sayuran, masakan ikan.

4. Resto Bu Atik

Tempat kuliner khas keluarga lainnya yang bisa kamu nikmati di Batu Malang lainnya ada Resto Bu Atik. Restoran yang satu ini memang mengusung gaya kuliner Jawa campur peranakan Tionghoa yang casual dan nyaman. Tempat inipun juga jadi buruan banyak keluarga untuk makan siang maupun makan malam selepas mengunjungi tempat wisata sekitaran Batu.

Rumah makan satu ini menyajikan berbagai macam menu ayam, bebek, seafood seperti ikan, udang, dan lainnnya. Beragam pilihan menu tersebut diolah menjadi kuliner bergaya Jawa maupun ala Chinese food yang lezat. Pilihannya seperti nasi goreng, gurame bakar, gurame asam manis, cah kangkung, ayam kremes, dan lain sebagainya.

5. Warung Sidik

Kalau ditanya soal apa makanan paling khas Jawa Timur bahkan sampai masuk list makanan sup terenak di dunia, pasti jawabannya adalah rawon. Jadi kamu pun tentunya harus nih mencari tempat kuliner rawon paling enak yang bisa ditemukan di Batu Malang. Soal tempat makan rawon terenak yang ada di Batu adalah Warung Sidik di kawasan Jalan Agus Salim.

Tempat makan satu ini terhitung legendaris lho karena sudah ada sejak 40-an tahun dan setia dengan kesederhanaannya. Rawonnya menjadi salah satu yang harus dipesan karena kuahnya yang pekat dan nyampur banget bumbu rempahnya. Selain rawon, menu lainnya ada seperti soto, krengsengan, nasi kikil, telur bali, dan kare ayam.